Selasa, 01 Maret 2011

Kurangnya minat baca pelajar

    



  Pada zaman eraglobalisasi saat ini,kegiatanmembaca merupakan kegianatan yang sangat penting.karena zaman eraglobalisasi adalah zaman yang serba canggih. Jadi untuk mengetahui kecanggihan yang ada kita harus membaca.
         
Perlu kita ketahui banyak orang yang berhasil karena membaca. Contohnya saja soekarno,beliau mau belia menjadi pintar karena rajin membaca, sehingga beliau di angkat menjadi presiden Republik Indonesia. Albert Einstein adalah seorang ilmuan hebat penemu bom atom, padahal sewaktu kecil dia dijuluki orang bodoh. Tetapi karena rajin membaca ,iya menjadi ilmuan di Negara amerika serikat,tetati dalam waktu singkat Jepang dapat menata kembali negaranya,bahkan dia bisa menyaingi Negara Adisaya lainya. Hal ini terjadi karena penduduknya juga rajin membaca buku.Masih banyak contoh lainya yang dapat kita lihat.

          Dengan membaca kita juga dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesi. Tetapi saat ini minat baca penduduk Indonesia semakin berkurang. Hal ini dapat dibuktikan dengan minimnya perpustakaan umum di Indonesia. Selain itu berdasrkan penelitian terhadap perpustakaan umum yang terlatak di jalan ROKAN KECAMATAN MANDAU DURI PROVINSI RIAU,dapat dilihat bahwa perpustakaan tersebut sering tertutup. Selain itu perpustakaan SMPN 2 MANDAU, Saya juga melihat pelajar-pelajar yang pergi keperpustakaan hanya untuk melihat-liat buku saja,bukan untuk di baca. Sangat menyedihkan buka? . Bagi mereka perpustakaan adalah bangunan yang tidak ada artinya.

          Perlu kita renungkan, apa jadiya Negara kita , jika penduduknya kurang berminat untuk membaca buku? Bisa-bisa Negara kita akan di jajah lagi oleh bangsa asing . Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk membahas mengenai kurangnya minat baca pelajar.




PENULIS:RAHMAD KURNIAWAN SISWA SMP 2 MANDAU KELAS IX.1.


0 komentar:

Poskan Komentar